~Headlines~

MyLovelyBlog Download mod gta sa, sinjai blog, tips dan trik Download | Tips blogger | Tips Windows | Tutorial Uciha Gaara naldo hatake naldo hatake naldo hatake naldo hatake
Hazamazi

pengertian laju reaksi dalam pelajaran kimia

Laju reaksi kimia adalah perubahan konsentrasi atas perubahan waktu.
rate = perubahan konsentrasi / perubahan waktu
Tingkat mengacu pada kecepatan di mana reaksi kimia terjadi. Hal ini dapat diukur dalam dua cara.
Tingkat dari Penghilangan =-Δ [reaktan] / At (Catatan ini negatif karena mengukur laju hilangnya reaktan).
Tingkat Formasi = Δ [Produk] / At (Ini adalah tingkat di mana produk yang terbentuk).
Mereka berdua adalah sama dan keduanya dapat digunakan untuk mengukur laju reaksi.
-Δ [reaktan] / At = Δ [Produk] / At
Ada banyak faktor yang dapat memperlambat atau mempercepat laju reaksi kimia seperti suhu, tekanan, konsentrasi, dan katalis. Tingkat dari Reaksi Kimia adalah positif. Hal ini dapat membingungkan karena Rate dari Penghilangan adalah negatif, namun ketika Anda berpikir tentang hal ini, tingkat yang tidak boleh negatif karena angka ini menggambarkan seberapa cepat perubahan konsentrasi dengan waktu. Unit Standar untuk Tingkat dari Reaksi kimia adalah Molaritas per detik (M / s)Cara menentukan Tarif Reaksi dari Persamaan Seimbang
Menggunakan persamaan
aA + bB -> cC + dD
dimana huruf kecil (yaitu) merupakan koefisien dari persamaan yang seimbang dan huruf besar (yaitu A) merupakan molekul.
Hal ini terlihat bahwa Tingkat Penghilangan adalah:-Δ [A] / At * 1 / a =-Δ [B] / At * 1 / b
dan Tingkat Formasi adalah: Δ [C] / At * 1 / c = Δ [D] / At * 1 / d
Sejak Tingkat Hilang dan Tingkat Formasi sama dengan satu sama lain
-Δ [A] / At * 1 / a =-Δ [B] / At * 1 / b = Δ [C] / At * 1 / c = Δ [D] / At * 1 / dMengukur Reagen Versus Produk
Tidak peduli apakah suatu eksperimen memonitor reagen atau produk karena tidak ada efek pada reaksi keseluruhan. Namun, karena reagen menurun selama reaksi, dan meningkatkan produk, ada perbedaan tanda antara dua tingkat. Konsentrasi pereaksi berkurang sebagai hasil reaksi, memberikan angka negatif untuk perubahan konsentrasi. Produk, di sisi lain, meningkatkan konsentrasi dengan waktu, memberikan angka positif. Karena konvensi ini adalah untuk mengungkapkan laju reaksi sebagai angka positif, untuk memecahkan masalah, mengatur tingkat keseluruhan reaksi sama dengan negatif dari tingkat menghilang reagen ini. Tingkat keseluruhan juga tergantung pada koefisien stoikiometrik.
Perlu dicatat bahwa proses pengukuran konsentrasi dapat sangat disederhanakan dengan mengambil keuntungan dari sifat fisik atau kimia yang berbeda (yaitu: fase perbedaan, potensial reduksi, dll) dari reagen atau produk yang terlibat dalam reaksi dengan menggunakan di atas metode. Kami telah menekankan pentingnya mengambil tanda reaksi mempertimbangkan untuk mendapatkan tingkat reaksi positif. Sekarang, kita akan mengalihkan perhatian kita terhadap pentingnya koefisien stoikiometrik.Unik rata Tingkat Reaksi
Sebuah laju reaksi dapat dilaporkan cukup berbeda tergantung pada produk atau reagen dipilih untuk dipantau.
Mengingat reaksi:
,
laju reaksi =
Formula ini juga dapat ditulis sebagai:
laju reaksi = (laju hilangnya A)

                         
= (Laju hilangnya B)

                         
= (Laju pembentukan C)

                         
= (Laju pembentukan D)
Meskipun konsentrasi dari A, B, C dan D semuanya bisa berubah pada tingkat yang berbeda, hanya ada satu rata-rata laju reaksi. Untuk mendapatkan tingkat yang unik, memilih salah satu tingkat dan membaginya dengan koefisien stoikiometri. Ketika reaksi memiliki rumus:


Kasus umum dari rata-rata yang unik reaksi memiliki bentuk:
laju reaksi =
Contoh
Untuk reaksi,, a) menemukan laju reaksi dan b) menemukan laju reaksi yang diberikan = 0,002 M dan = 77 sec.
Solusi:
a) laju reaksi =
b) laju hilangnya A == -0,000026 M per detik
laju reaksi = (laju hilangnya A) = (-0,000026 M per detik) = 0,000013 M per detik
Rata-rata dan sesaat Reaksi Tingkat
Laju reaksi memiliki bentuk umum dari (perubahan konsentrasi / perubahan waktu). Ada dua jenis laju reaksi. Satu disebut rata-rata tingkat reaksi, sering dilambangkan dengan (Δ / At [conc.]), Sementara yang lain disebut sebagai laju reaksi sesaat, dilambangkan sebagai salah satu dari:

 
atau
Tingkat rata-rata reaksi, seperti namanya, adalah tingkat rata-rata, yang diperoleh dengan mengambil perubahan konsentrasi selama periode waktu, misalnya: -0.3 M / 15 menit. Ini adalah perkiraan laju reaksi dalam interval, itu tidak berarti bahwa reaksi ini memiliki tingkat tertentu sepanjang interval waktu atau bahkan setiap instan selama waktu itu. Laju sesaat reaksi, di sisi lain, menggambarkan nilai yang lebih akurat. Laju sesaat reaksi didefinisikan sebagai perubahan konsentrasi suatu interval waktu yang sangat kecil, yang dinyatakan sebagai batas atau ekspresi derivatif di atas. Tingkat seketika dapat diperoleh dari data eksperimen dengan terlebih dahulu grafik konsentrasi sistem sebagai fungsi waktu, dan kemudian menemukan kemiringan garis singgung pada titik tertentu yang sesuai dengan waktu yang menarik. Atau, peneliti dapat mengukur perubahan konsentrasi selama periode waktu yang sangat kecil dua kali atau lebih untuk mendapatkan tingkat rata-rata dekat dengan yang tingkat seketika. Laju reaksi untuk waktu yang ditentukan dari kemiringan garis singgung.
Contoh
Dari grafik, garis biru adalah representasi grafis dari [A] selama t. Garis-garis merah dan hijau adalah garis singgung grafik. Cari laju reaksi pada) t = 195 detik dan b) t = 395 sec.paintgraph.png
Solusi:
Untuk menemukan lereng, membagi-y mencegat oleh x-intercept.

    
Garis merah memiliki kemiringan = -0,0125 M per detik yang merupakan perkiraan sewenang-wenang laju reaksi pada t = 195 detik.
    
Garis hijau memiliki kemiringan = -0,0051 M per detik yang merupakan perkiraan sewenang-wenang laju reaksi pada t = 395 detik.

0 komentar:

berikan comentarnya ya bro..like juga ya..dapat pahala loo

HQ Blogger Templates