Membuat Panah dari Pipa PVC ukuran 1/2 atau 3/4

Perhatian!!!
Panah ini hanya dipergunakan untuk berolaraga, bukan untuk melakukan tindakkan kriminal (mengancam, tawuran dll). Lakukan latihan ditempat terbuka seperti lapangan. Jangan melakukan di tempat umum atau di tempat yang ramai.  Saya tidak bertanggung jawab atas  segala kerugian dan masalah yang ditimbulkan.

Bagi kita yang beragama muslim memanah merupakan salah satu anjuran Nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad SAW. berikut sabdanya

يُدْخِلُ بِالسَّهْمِ الْوَاحِدِ ثَلَاثَةَ نَفَرٍ الْجَنَّةَ صَاحِبَهُ الَّذِي يَحْتَسِبُ
فِي صَنْعَتِهِ الْخَيْرَ وَالَّذِي يُجَهِّزُ بِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ
وَالَّذِي يَرْمِي بِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَقَالَ ارْمُوا وَارْكَبُوا
وَإِنْ تَرْمُوا خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَرْكَبُوا
“Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (AHMAD – 16699) 
dan

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ اللَّهْوُ إِلَّا فِي ثَلَاثَةٍ
تَأْدِيبِ الرَّجُلِ فَرَسَهُ وَمُلَاعَبَتِهِ امْرَأَتَهُ وَرَمْيِهِ بِقَوْسِهِ وَنَبْلِهِ وَمَنْ
تَرَكَ الرَّمْيَ بَعْدَ مَا عَلِمَهُ رَغْبَةً عَنْهُ فَإِنَّهَا نِعْمَةٌ كَفَرَهَا أَوْ قَالَ كَفَرَ بِهَا
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada hiburan kecuali dalam tiga hal; seorang laki-laki yang melatih kudanya, candaan seseorang terhadap isterinya, dan lemparan anak panahnya. Dan barangsiapa yang tidak memanah setelah ia mengetahui ilmunya karena tidak menyenanginya, maka sesungguhnya hal itu adalah kenikmatan yang ia kufuri.” (NASAI – 3522) 
sumber https://www.eramuslim.com/suara-langit/ringan-berbobot/nabi-muhammad-saw-menganjurkan-ummat-islam-memanah.htm#.WL9r5J7QvTs 

 Dan seperti yang kita ketahui memanah  sudah menjadi salah satu cabang perlombaan. Memanah bisa dilakukan dari semua kalangan umur, anak kecil,remaja, laki-laki maupun perempuan kaya maupun  miskin. Bagi mereka yang diberikan rezeki yang lebih tentu bisa membeli maupun menyewa panah yang bagus. Namun untuk kita yang rezeki yang pas atau cukup tentunya membeli panah akan terasa cukup berat. 
Panah bisa dibuat dari bambu, namun jika tinggal dikota saya rasa cukup sulit menemukan bambu. Namun taukah agan kalau panah bisa dibuat dari pipa PVC (pipa untuk pompa air). Bagi kalian yang baru membaca dan baru tau pasti langsung bisa menembak bagaimana cara membuatnya. Untuk kita yang pemula saya saran untuk mulai membuat dari pipa pvc ukuran AW 1/2. Jangan langsung menggunakan pipa yang tebal kalau gagalkan rugi.

Alat dan Bahan
- Gergaji (yang bisa untuk memotong pipa)
-Sarung Tangan
-Hair dryer atau kompor gas (untuk memanas pipa)
-Pipa PVC yang AW 1/2 atau 3/4
-Spidol
-Meteran
- Dua Balok kayu (untuk membentuk pipa

Panjang pipa adalah 130 CM. Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah vroh ;P


Bagian dan bentuk yang dipipikan (maaf nggak rapi)



Bentuk panah yang telah dipasang tali


Bentuk panah sebelum dipasang tali



Contoh bentuk panah
Bentuk panah bisa agan sesuaikan dengan keinginan. Dan untuk tali bisa menggunakan senar nilon tali eiger. Atau senar pancing yang besar.. Kalau mau pake senar gelasan juga boleh wkwkwk

panah lainnya yang kita buat






1 Komentar untuk "Membuat Panah dari Pipa PVC ukuran 1/2 atau 3/4"

 
Copyright © 2014 Naldo Hatake - All Rights Reserved
Template By Catatan Info Di Design Ulang Naldz Harry Hatake