macam-macam jenis saklar


- Saklar toggle.
Saklar toggle adalah saklar yang sering digunakan unutk menghubungkan bagian liasrik dengan mengunakan siste, toggle atau pengunci.

- Saklar Push Button
Saklar push button ini termasuk jenis saklar kontak takan yang dalam pengoperasiannya menmpunyai 2 pilihan yang disesuaikan dengan penggunaannya.
- Pilihan 1 : Normally Open/NO, yaitu saklar yang berfungsi sebagai Normal Buka dan berfungsi untuk menghubungkan suatu beban
- Pilihan 2 : Normally Closed/NC, yaitu saklar yang berfungsi sebagai Normal Tutup dan berfungsi untuk memutuskan suatu beban
- Saklar Mikro
Istilah mikro pada saklar mikro atau micro switch, tidak berarti bahwa saklar ini sendiri berukuran kecil. Nama ini mengindikasikan bahwa tombol yang digunakan untuk mengoperasikan saklar mikro, hanya bergeser dengan jarak perpindahan yang sangat kecil.
Saklar jenis ini sangat sensitif, sedikit tekanan saja pada tuas dapat mengakibatkan saklar berpindah dari satu posisi ke posisi lainnya. Kebanyakan micro switch memiliki kontak-kontak jenis SPDT, sehingga saklar ini dapat digunakan untuk menyambungkan atau memutuskan, atau keduanya secara bersamaan.
- Saklar Waffer atau rotary switch.
Saklar ini umumnya digunakanRangkaian elektronik , untuk memilih berbagai konfigurasi operasi.  Biasanya saklar ini  digunakan untuk memilih jenis rangkaian yang akan di gunakan. Karena bentuknya memutar biasanya sering digunakan untuk rangkaian transmiter atau menaikan dan menurunkan volume. 
 
- Saklar DPDT/Double Pole Double throw.
DPDT (double-pole double-throw) switch | DPSS (double-pole selector switch)
Saklar kutub-ganda lemparan-ganda.Umumnya digunakan sebagai saklar pemilih (selector) dua sirkuit, atau sebagai pengganti pasangan dua saklar SPDT atau sebagai pengganti pasangan dua saklar DPST untuk efisiensi.
- Saklar SPST/Single pole Single throw.
Saklar kutub-tunggal lemparan-tunggal. Saklar ini di gunakan unutk memutus dan menghubungkan suatu rangkaian. dimana satu input menghubungkan satu out put.
- Saklar DPST/Double Pole Single throw
Saklar kutub-ganda lemparan-tunggal. Digunakan untuk memutus atau menghubungkan sambung dua jalur kelistrikan sekaligus. Biasanya satu kutub untuk listrik positiv dan satu kutub untuk listrik negativ.
-Saklar SPDT/Single pole Double Throw
Saklar kutub-tunggal lemparan-ganda.Umumnya digunakan sebagai saklar pemilih (selector) dua sirkuit, atau sebagai pengganti pasangan dua saklar SPST untuk efisiensi.
com = common | shared contact point, atau titik kontak umum | bersama.
- Saklar Type Thumbweel.
Saklar ini umumnya digunakan pada PCB (printed circuit board) | papan rangkaian tercetak elektronik, untuk meilih berbagai konfigurasi operasi.
Contohnya adalah seperti yang digunakan pada PCB komputer.

Saklar standard

saklar ini umumnya digunakan pada rumah-rumah,gedung tingkat sedang dan kantor.Saklat ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu;
  1.  saklar tunggal 
Saklar ini sama seperti pada saklar umumnya,yaitu digunakan untuk memutuskan sambungkan tegangan listrik,hanya saja digunakan untuk satu lampu

2. saklar seri

Saklar ini sama seperti pada saklar umumnya,yaitu digunakan untuk memutuskan sambungkan tegangan listrik dan digunakan untuk dua lampu




 saklar tukar



Saklar ini sama seperti pada saklar umumnya,yaitu digunakan untuk memutuskan sambungkan tegangan listrik.Tapi digunakan pada tangga atau lorong-lorong,bentuk saklar ini sama seperti bentuk saklar tunggal/seri,,hanya saja dia memiliki 3 kaki sambungan


1 Komentar untuk "macam-macam jenis saklar"

tulisan abu" dengan background hitam, Kurang pas

 
Copyright © 2014 Naldo Hatake - All Rights Reserved
Template By Catatan Info Di Design Ulang Naldz Harry Hatake